Senin, 26 November 2012

Marketting Mix Dalam Suatu Perpustakaan



PEMBAHASAN
          Marketing mix adalah strategi mencampur kegiatan-kegiatan marketing, agar dicari kombinasi yang maksimal sehingga mendatangkan hasil yang paling memuaskan.[1]
          Ada empat komponen yang tercakup dalam kegiatan marketing mix yang terkenal dengan sebutan 4 P, yang akan di analisa satu persatu.
1.      Product
2.      Price
3.      Place/ distribution
4.      Promotion
F   Product
          Produk dapat berupa buku, terbitan berseri, dan lainnya yang terdapat di sebuah perpustakaan. Semua kegiatan di perpustakaan, dipakai untuk menunjang gerakan produk. Satu hal perlu diingat adalah, begitu hebatnya usaha promosi, distribusi, dan price, jika tidak diikuti dengan produk yang bermutu, disenangi oleh user/ pengguna, maka usaha seorang pustakawan tidak akan ada gunanya. Oleh sebab itu perlu dikaji buku apa yang akan di butuhkan oleh user, apa needs dan wants mereka.
          Oleh sebab itu buku yang disediakan harus mempertimbangkan kebutuhan pemustaka, misalnya buku-buku ilmiah, buku bacaan, novel, buku pelajaran dan lain-lainnya.
          Pelayanan yang diberikan oleh perpustakaan harus disesuaikan dengan kebutuhan user atau pengguna.
F   Price
Masalah kebijakan harga adalah turut menentukan keberhasilan pemasaran produk. Harga merupakan salah satu aspek penting dalam kegiatan marketing mix. Modifikasi harga atau diskriminasi harga dapat dilakukan berdasarkan :



1.         Menurut pelanggan
Yaitu harga yang dibedakan berdasarkan konsumen utama (primer) atau konsumen biasa(sekunder). Konsumen utama adalah konsumen yang loyal dan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.
2.         Menurut bentuk produk
Harga ditetapkan berdasarkan bentuk produk atau kelebihan-kelebihan yang dimilikioleh suatu produk, misalnya untuk kartu kredit.
3.         Menurut tempat
Harga yang ditentukan berdasarkan lokasi/ wilayah, daerah dimana produk atau jasa ditawarkan.
4.         Menurut waktu
Harga ditentukan berdasarkan periode atau masa tertentu dapat berupa jam, hari, mingguan, atau bulanan.

F   Strategi Lokasi/ Distribusi
Penentuan lokasi dan distribusi beserta sarana dan prasarana pendukung menjadi sangat penting, hal ini disebabkan agar user/ pengguna mudah menjangkau lokasi yang ada.
F   Promotion
Antara promosi dan produk tidak dapat dipisahkan, ini dua sejoli yang saling berangkulan untuk menuju suksesnya sebuah perpustakaan. Disini harus ada keseimbangan produk sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Luas ruang lingkup kegiatan promosi dipengaruhi oleh macam kegiatan yang dilakukan. Bahan pertimbangan dalam marketing mix ialah:
1.         Marketing mix harus seimbang
Dalam melaksanakan marketing mix secara umum haruslah diusahan dalam keadaan seimbang.
2.         Marketing tidak boleh statis
Disini marketing mix tidak boleh statis, tetapi harus dinamis.
3.         Marketing mix tidak boleh meniru
4.         Marketing mix harus bertujuan jangka panjang
5.         Marketing mix harus berdasarkan pengalaman





















[1] Prof. Dr. Buchari Alma, 2009; Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa,; Bandung,hlm 205

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar