PEMBAHASAN
Marketing mix adalah strategi mencampur kegiatan-kegiatan
marketing, agar dicari kombinasi yang maksimal sehingga mendatangkan hasil yang
paling memuaskan.[1]
Ada empat komponen yang tercakup dalam
kegiatan marketing mix yang terkenal dengan sebutan 4 P, yang akan di analisa
satu persatu.
1.
Product
2.
Price
3.
Place/
distribution
4.
Promotion
F
Product
Produk dapat berupa buku, terbitan berseri, dan lainnya yang terdapat di sebuah
perpustakaan. Semua kegiatan di perpustakaan, dipakai untuk menunjang gerakan
produk. Satu hal perlu diingat adalah, begitu hebatnya usaha promosi,
distribusi, dan price, jika tidak diikuti dengan produk yang bermutu, disenangi
oleh user/ pengguna, maka usaha seorang pustakawan tidak akan ada gunanya. Oleh
sebab itu perlu dikaji buku apa yang akan di butuhkan oleh user, apa needs dan
wants mereka.
Oleh sebab
itu buku yang disediakan harus mempertimbangkan kebutuhan pemustaka, misalnya
buku-buku ilmiah, buku bacaan, novel, buku pelajaran dan lain-lainnya.
Pelayanan
yang diberikan oleh perpustakaan harus disesuaikan dengan kebutuhan user atau
pengguna.
F Price
Masalah kebijakan harga adalah turut menentukan
keberhasilan pemasaran produk. Harga merupakan salah satu aspek penting dalam
kegiatan marketing mix. Modifikasi harga atau diskriminasi harga dapat
dilakukan berdasarkan :
1.
Menurut
pelanggan
Yaitu
harga yang dibedakan berdasarkan konsumen utama (primer) atau konsumen
biasa(sekunder). Konsumen utama adalah konsumen yang loyal dan memenuhi
kriteria yang telah ditetapkan.
2.
Menurut
bentuk produk
Harga
ditetapkan berdasarkan bentuk produk atau kelebihan-kelebihan yang dimilikioleh
suatu produk, misalnya untuk kartu kredit.
3.
Menurut
tempat
Harga
yang ditentukan berdasarkan lokasi/ wilayah, daerah dimana produk atau jasa
ditawarkan.
4.
Menurut
waktu
Harga
ditentukan berdasarkan periode atau masa tertentu dapat berupa jam, hari,
mingguan, atau bulanan.
F
Strategi Lokasi/ Distribusi
Penentuan lokasi dan distribusi beserta sarana dan
prasarana pendukung menjadi sangat penting, hal ini disebabkan agar user/
pengguna mudah menjangkau lokasi yang ada.
F
Promotion
Antara promosi
dan produk tidak dapat dipisahkan, ini dua sejoli yang saling berangkulan untuk
menuju suksesnya sebuah perpustakaan. Disini harus ada keseimbangan produk
sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Luas ruang lingkup kegiatan promosi dipengaruhi oleh
macam kegiatan yang dilakukan. Bahan pertimbangan dalam marketing mix ialah:
1.
Marketing
mix harus seimbang
Dalam
melaksanakan marketing mix secara umum haruslah diusahan dalam keadaan seimbang.
2.
Marketing
tidak boleh statis
Disini
marketing mix tidak boleh statis, tetapi harus dinamis.
3.
Marketing
mix tidak boleh meniru
4.
Marketing
mix harus bertujuan jangka panjang
5.
Marketing
mix harus berdasarkan pengalaman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar